Blog Milik Bangsa

Berbagi Informasi

Jenis Layanan Web Hosting Wajib Anda Ketahui

Layanan web hosting – Sebelum membahas hal tersebut, perlu di bahas terlebih dahulu apa pengertian dari hosting. Hosting adalah tempat aplikasi dijalankan dengan terpusat, yang bisa diakses lewat jaringan internet. Hosting juga dapat diartikan sebagai tempat menyimpan data dengan basis internet. Hosting dapat dibedakan menjadi bermacam macam jenis tergantung kebutuhanan. Misalnya untuk Anda yang menginginkan menyimpan aplikasi website melalui port http dapat memilih menggunakan web. Untuk Anda yang menginginkan email terpusat maka dapat menggunakan hosting email. Selain dua hosting tersebut, terdapat hosting FTP dan VPN.

Layanan Web Hosting

Layanan web hosting yang bagus di Indonesia sangat banyak sekali dan Hosting ini dibangun dengan server berkapasitas besar dan handal, juga tersedia pendingin yang mendukung kerja server selama 24 jam. Pada server akan terhubung jaringan internet yang dapat menghubungkan semua proses permintaan dari pengguna (client). Awalnya, pemanfaatan hosting terbatas pada orang tertentu karena harga yang mahal dan membutuhkan keahlian khusus.

Simak artikel-artikel SEO disini yang juga menyajikan informasi tentang web hosting. Pada layanan web hosting dapat di pisah menjadi lima jenis, berikut ini adalah jenis web hosting:

1. Shared Server Hosting

Pada jenis ini, serverlah yang akan menyimpan data sebuah website bersamaan dengan data situs lainnya. Pusat situs akan saling membagi sumber daya CPU dan RAM secara bersama-sama. Orang memilih jenis web hosting dengan pertimbangan harga yang lebih murah.

web hosting

web hosting

Kelemahan menggunakan web hosting jenis ini tentu update software tidak fleksibel. Selain itu, keterbatasan server dalam menangani trafic padat dan berat akan mempengaruhi kerja situs

2. Virtual Private Server

Pada layanan web hosting jenis virtual private server ini setiap server membagi setiap situs. Kemudian Dedicated server menjalankan server walaupun kenyataanya mereka sebenarnya saling berbagi server dengan client lain. Sumber artikel ini bisa anda simak melalui link ini.

Nah jenis hosting ini dapat dipilih jika Anda menginginkan layanan server dengan kontrol yang bebas, akan tetapi tidak menginginkan inverstasi pada hosting khusus.

3. Dedicated Server

Jika pada dua jenis layanan web hosting sebelumnya, dimana mereka saling berbagi server.

Pada dedicated server ini pengguna dapat menyewa server, sehingga server tidak dipakai bersama sama. Karena server tidak digunakan bersama sama, maka pengguna memiliki kontrol penuh termasuk pemilihan perangkat keras, konfigurasi, software hingga sistem operasi dalam penggunaannya. Perusahaan dengan skala menengah hingga besar yang memiliki lalulintas penggunaan padat biasanya memilih jenis hosting ini.

4. Co-location hosting

Terdapat server yang menawarkan co-lokasi web hosting yang mana Anda dapat membeli server secara penuh, akan tetapi server tersebut hanya akan memberikan infrastruktur pada host server Anda di lokasi server mereka.

Pihak penyedia layanan co-hosting akan melakukan uptime jaringan dan listrik bahkan ada beberapa penyedia layanan yang juga menyediakan jasa pengelola server dengan biaya tambahan

5. Cloud Hosting

VPS Hosting

VPS Hosting

Jenis hosting ini dikelola oleh sekelompok server yang bekerja sama pada cloud. Kelompok server ini bersifat desentralisasi artinya jika terdapat satu perangkat komputer yang down, maka komputer lain akan menjadi penyeimbang. Penggunaan cloud hosting dapat menjadi salah satu langkah untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam lokal, karena data disimpan pada komputer lain dalam satu kelompok. Cloud hosting semacam DigitalOcean dan Vultr (baca perbandingannya) juga mampu mengatasi apabila lalu lintas data melonjak.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan web hosting, setidaknya Anda harus memperhatikan dua hal yaitu bagaimana tingkat kehandalan dan uptime pada server. Kehandalan sebuah server dapat dilihat dari rekam jejak, keamanan, kekuatan dari segi finansial dan antisipasi jika terjadi kerusakan. Sedang uptime sangat penting untuk melihat keseriusan penyedia layanan menjaga dan meningkatkan performa kerja server.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Blog Milik Bangsa © 2018 Frontier Theme